SELAMAT DATANG

Jumat, 03 Februari 2012

Belajar setting karburator



Posted By Rokhmat H, 4 februari 2012

 belajar setting karburator memang terbilang cukup rumit mungkin bagi pemula harus dipandu sama ahli atopun dari pengalamn masing masing. nahhhh.......saya akan sedikit memberikan pengetahuan pengalaman saya tengtang dunia karburator........wkwkwkw
dan hala hal yang harus diperhatikan jika anda pertama kali berkecibung dengan karburator
siap menghadapi resiko2 .
1. pengenalan tentang apa itu karburator? apa fungsi karburator ?
2. tau tentang perangkat perangkat karburator.

Nah...karburator yaitu perangkat yang terdapat pada kendaraan bermotor pensuplai bahan bakar+udara untuk kebutuhan mesin Prinsip kerja karburator adalah memberi pasokan bahan bakar+udara yg sudah  dikabutkan atau mirip dengan kalo kita liat semprotan anti nyamuk yg manual pake pompa tangan. Bensin yg ditampung pada mangkok karburator akan dikabutkan akibat adanya daya tarik/(sedotan udara) piston waktu piston bergerak kebawah dan keatas,akibat daya tarik tersebut terjadi ledakan dalam ruang bakar mesin.dan piranti2 karburator yaitu
1 . spuyer
2.jarum skep
3.pelampung
itu sedikit piranti karburator yang menjadi pelaku utama karburator.
1.spuyer  ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %.  Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas diatas 60 %.


nah sekarang kita akn mulai belajar setting karburator....
Istilah "Setingan Basah/Kering" sering kita dengar dikalangan pecinta motor baik 2tak ato 4tak. Dan umumnya anak2 pecinta motor sudah gak asing lagi dengan hal itu . perbandingan komposisi campuran udara+bensin yang diatur pada Karburator. Istilah Setingan Basah  berarti perbandingan komposisi bensin lebih banyak dari udara dari komposisi normal pada karburator. Dan setingan Kering berarti kebalikannya. Untuk mengetahui setingan karbu kita basah ato kering dapat kita baca dari teriakan mesin, ato bisa jg dengan melihat warna kepala busi kita.

  • Jika elektroda berwarna hitam, atau basah kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar  Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap berwarna hitam
  • Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih . Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
  • Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin dan performa motormu menjadi maksimal
 Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh. Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.
Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.


Penyelesaian beberapa masalah seting karburator.

Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat Campuran terlalu miskin
penyelesaian
Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.

Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot Terlalu basah
penyelesaian
Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
Ganti pilot jet ke yang lebih kecil
Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
Kondisi setelan : Basah
Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi :
Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran

biar lebih sip, tinggi-rendah pelampung juga mesti diintip. Sebab kalau volume bensin di bak karbu terlalu banyak, berdampak pada mesin yang jadi susah hidup. Kekurangan pun ada risiko. Mbrebet di rpm atas bahkan mati mendadak tapi bukan overheat.
nahhhhhh itu sedikit dari pengetahuan tentang karburator dari saya, semoga bermanfaat
pelampung
pilot jet
piranti spuyer
jarum skep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar